Runing Text

--- > Tahun Baru Hijriah 1437 H Gerbang Menuju Perubahan Menjadi Insan Yang Lebih Amanah dan Beriman...Buat Perubahan Agar Indonesia Bisa Lebih Baik <---

10 November 2011

Renungan Hari Jum'at

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Salam Sejahtera.

Pagi tadi saya menonton ceramah ustad Maulana di TV. Dalam tajuk mengenai Lebah dan Madu, saya mendapat gambaran nyata bahwa makhluk Allah tersebut sangat berguna bagi pengobatan berbagai penyakit. Mulai dari sakit kepala, asam urat, jantung, sampai kanker. Madu yang dihasilkan juga banyak manfaatnya. Bukan sebagai obat kuat saja (biasa sering nongkrong di warung jamu...hehehe) tapi banyak sekali manfaat lainnya.
Saya jadi teringat orang tua dulu sering memberi saya madu saat masih sekolah dan kuliah satu sendok makan setiap harinya. Memang terasa sekali khasiatnya seperti badan tidak mudah lelah dan jarang sakit.

Namun ada satu hal dari ceramah ustadz Maulana tadi pagi yang membuat pandangan saya terbuka, yakni mengenai pengorbanan sang lebah saat digunakan untuk pengobatan. Saat pengobatan, lebah disengatkan pada titik-titik tertentu ditubuh untuk mengobati suatu penyakit. Setelah menyengat lebah akan mati karena sengatnya tertinggal di bagian tubuh yang disengat. Pengorbanan lebah ini dikatakan sebagai jihad untuk kebaikan. Lebah mengorbankan dirinya untuk kesembuhan seseorang.
Jihad yang dilakukan lebah inilah yang seharusnya kita lakukan. Tak perlu sampai mati untuk menolong seseorang, namun dari kejadian tersebut dapat diambil hikmah bahwa perjuangan untuk menegakkan Kebenaran harus terus dilakukan tanpa mengenal lelah.
Perjuangan di jalan Allah merupakan suatu ibadah bagi semua umat. Namun perjuangan itu harus sesuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW selaku junjungan kita. Jangan melakukan perusakan atau kekerasan untuk menegakkan syiar Islam. Rangkul semua umat karena intinya Islam itu adalah Rahmatan lil Alamin...Rahmat bagi semua alam...
Untuk itu, kepada saudara-saudara saya seiman untuk selalu menegakkan syiar Islam dimanapun berada. Jaga keharmonisan hubungan antar umat manusia dan seluruh makhluk ciptaan Allah SWT.
Mari jadikan hari ini perubahan untuk menjadi umat yang lebih baik lagi.
Semoga Allah SWT melimpahkan barokah dan rizkinya kepada kita semua. Amin.

Wassalam.