Runing Text

--- > Tahun Baru Hijriah 1437 H Gerbang Menuju Perubahan Menjadi Insan Yang Lebih Amanah dan Beriman...Buat Perubahan Agar Indonesia Bisa Lebih Baik <---

27 Oktober 2011

Momentum Sumpah Pemuda

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Salam Sejahtera.
Selamat Hari Jum'at. Bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda. Tepatnya 83 tahun yang lalu, para pemuda dari berbagai suku di Indonesia menyatakan ikrar Persatuan. Satu Tanah Air, Satu Bangsa, Satu Bahasa, yakni Indonesia. Ikrar Sumpah yang dilakukan oleh pemuda dan pemudi dari berbagai suku di Indonesia saat itu adalah untuk menyatukan hati dan jiwa seluruh bangsa Indonesia agar tetap bersatu dalam negara kesatuan Republik Indonesia dan tidak mudah di adu domba karena adanya perbedaan suku, ras dan agama.

Ikrar yang dikumandangkan 83 tahun lalu merupakan niat suci yang lahir dari dalam hati pemuda dan pemudi Indonesia saat itu yang melihat begitu mudahnya bangsa kita di adu domba hanya karena perbedaan suku dan agama. Dengan adanya pertikaian antar suku dan agama antar daerah memudahkan negara asing menjajah negeri kita yang sangat kaya akan hasil buminya.
Tapi sekarang kan sudah jaman merdeka. Nggak ada penjajah dan kita gak perlu lagi angkat senjata untuk berperang. Pemikiran itu yang ada di dalam diri pemuda dan pemudi kita saat ini. Memang jaman sudah merdeka, tapi penjajahan dari negara lain tetap terus bahkan tanpa kita sadari sudah menjajah negeri kita tanpa kita sadari. Kok bisa?

Lihat saja disekitar kita, semua barang-barang yang dipakai dan digunakan sehari-hari adalah produk luar yang harganya mahal. Tapi gak tau kan kalo bahan bakunya  dari bumi kita yang dibeli dengan harga sangat murah kemudian diolah lalu dijual kepada masyarakat kita dengan harga yang tinggi.
Contoh nyata adalah minyak bumi. Indonesia memiliki cadangan terbesar di Asia Tenggara, tapi hasil minyak mentahnya di jual ke negara yang bisa mengolahnya menjadi BBM dengan harga murah. Lalu hasil olahannya berupa BBM yang kita pakai sehari-hari dijual kembali ke negara dengan harga mahal. Lalu dengan alasan untuk bisa meringankan beban rakyat pemerintah memberikan subsidi untuk BBM agar bisa digunakan oleh rakyat.

Kenapa sih kita gak bikin pengolahan minyak sendiri? Kenapa kita selalu impor barang dari luar? Apakah kita gak bisa membuat barang serupa dengan kualitas yang sama?
Kita lihat Cina, mengapa mereka bisa membuat semua yang diproduksi oleh bangsa barat sama persis dengan kualitas yang cukup baik? Sampai-sampai Cina disebut "negara duplikasi" terbesar di Asia karena hampir semua produk ternama didunia bisa mereka buat dengan tampilan dan kualitas hampir sama. Kapan Indonesia bisa seperti mereka? Kenapa kita hanya menjadi penonton di negeri sendiri? Jangan kaget saat beberapa daerah kita bahkan hasil bumi kita sudah dikuasai oleh negara lain.
Kini dalam momentum Sumpah Pemuda, ayo para pemuda dan pemudi Indonesia, tunjukkan bahwa kita juga bisa seperti mereka. Jadikan negara kita disegani di seluruh dunia. Berprestasilah dalam karya dan jauhi NARKOBA...

Wassalam