Runing Text

--- > Tahun Baru Hijriah 1437 H Gerbang Menuju Perubahan Menjadi Insan Yang Lebih Amanah dan Beriman...Buat Perubahan Agar Indonesia Bisa Lebih Baik <---

04 Agustus 2011

Peneliti Ciptakan Smartphone Setipis Kertas

Sepertinya perusahaan IT dan operator nirkabel berpegang pada prinsip, “makin kecil, makin baik,” bahkan tablet seperti Galaxy Tab dan Apple iPad 2 saling bersaing untuk menjadi yang paling tipis. Namun, para peneliti Human Media Lab Queen University membuat kejutan dengan mengembangkan kertas komputer interaktif pertama yang digambarkan sebagai iPhone fleksibel.


Roel Vertegaal, Direktur Human Media Lab menyatakan mereka berhasil mengembangkan prototipe “kertas” smartphone pertama di dunia yang disebut dengan PaperPhone dengan bentuk seperti lembaran kertas tipis yang terbuat dari plastic dan dapat beroperasi layaknya smartphone. Teknologi ini membuat smartphone menjadi fleksibel dan sangat tipis dengan diagonal display film E Ink 9.5cm.



Meski memiliki desain yang tipis dan ringan, PaperPhone mampu melakukan panggilan telepon, memutar musik, menyimpan dokuman, alamat, serta photo. Versi yang lebih besar dari teknologi ini dapat digunakan untuk mengurangi sebagian kebutuhan kantor, seperti printer, kertas dan ink cartridge standar.



Jangan berharap tampilan grafis yang tajam atau kemampuan menampilkan film atau game pada PaperPhone, karena grafis yang dapat ditampilkan display E Ink masih terbatas.



Vertegaal menyatakan, teknologi ini membuat kantor tidak lagi membutuhkan kertas, karena semua dapat disimpan secara digital dan anda dapat menumpuk komputer ini satu sama lain sama seperti kertas. Vertegaal akan menghadirkan PaperPhone pada tanggal 10 Mei pada konfrensi Association Computing Machinery Computer Human Interaction di Vancouver Kanada.

Sumber : Bhinneka POST