Runing Text

--- > Tahun Baru Hijriah 1437 H Gerbang Menuju Perubahan Menjadi Insan Yang Lebih Amanah dan Beriman...Buat Perubahan Agar Indonesia Bisa Lebih Baik <---

04 Agustus 2011

Ilmuwan Ciptakan Jaringan Wireless dengan LED

Para ilmuwan dari Heinrich Hertz Institute (HHI) di Berlin, Jerman berhasil mengembangkan jenis baru Optical WLAN dengan kecepatan luar biasa, sehingga memungkinkan empat orang dalam sebuah ruangan menikmati film kualitas HD dari Internet melalui laptop mereka.

Tahun lalu dikabarkan, teknologi jaringan wireless baru yang menggunakan cahaya untuk mengirim data, berhasil mengalahkan kecepatan WiFi secara keseluruhan. Meski sudah cukup cepat, namun para peneliti kini berhasil membuat teknologi Optical WLAN mencapai kecepatan lebih tinggi dengan proses unduh mencapai 800Mbps.





Optical WLAN bekerja menggunakan LED dan sebuah modulator yang membuat mereka dapat berkedip dengan cepat dari apa yang bisa dijangkau oleh mata. Teknologi ini merupakan sistem line-of-sight yang dapat mencapai jarak jangkau 90 meter persegi. Sementara perangkat penerima sinyal dilengkapi dengan dioda foto sederhana.



Sebelumnya, laboratorium Hertz dapat mencapai kecepatan 500Mbps dengan hanya menggunakan cahaya LED putih, namun dengan menggunakan cahaya LED merah-biru-hijau-putih mereka mampu mencapai kecepatan hingga 800Mbps.

Para ilmuan berpendapat Optical WLAN sebagai sistem yang dapat dimodifikasi dengan mudah dan murah karena lampu LED mudah ditemukan dimanapun.



Mereka juga menyatakan, sistem tidak dimaksudkan sebagai pengganti jaringan lain, melainkan opsi tambahan untuk dapat digunakan pada area dimana radio tradisional maupun kabel jaringan yang dibatasi, seperti rumah sakit, pesawat maupun tempat dimana kabel tidak dimungkinkan ber-seliweran

Sumber : Bhinneka POST