Runing Text

--- > Tahun Baru Hijriah 1437 H Gerbang Menuju Perubahan Menjadi Insan Yang Lebih Amanah dan Beriman...Buat Perubahan Agar Indonesia Bisa Lebih Baik <---

27 April 2011

Komik Rasa Lokal (1997)

Ini adalah karya perdana saya. Sewaktu kuliah di Fakutas Pertanian Universitas Mulawarman Samarinda, saya yang gemar menggambar tokoh kartun sambil iseng menciptakan komik yang pertama kali saya bukukan. Banyak cerita yang mengiringi pembuatan komik ini. Mulai dari pujian dari teman-teman seangkatan, diputusin pacar, sampai ditegur dosen saat bikin komik ini..(kok curhat ya...) Silahkan Unduh di sini 
Atau bisa di liat di http://www.4shared.com/file/jy7jMghH/Itong_Comic.html


Namun yang mendasari saya sangat suka sekali dengan kartun adalah seni ini tidak terlalu ribet dan njelimet dibanding seni rupa lainnya. Dengan gambar karikatur, saya dapat menuangkan aspirasi dan kritikan terhadap pemerintah dan institusi saat itu. Berkat keahlian menggambar karikatur, saya bisa masuk ke organisasi mulai Pusat Studi Islam Mahasiswa (PUSDIMA), lalu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Faperta Unmul, Himpunan Mahasiswa Agronomi (HIMAGRON) Faperta Unmul, dan Kepengurusan Panitia beberapa kegiatan Kampus. Rata-rata meminta saya untuk menggambarkan desain untuk kaos, mading, spanduk, dan pamlet/brosur. Semua dikerjakan manual (pake tangan dan spidol aja modalnya) karena saat itu, komputer masih merupakan barang yang sangat mahal..(apalagi notebook..)
Gambar karikatur memang selalu menarik perhatian saya karena banyaknya aspek yang dapat diambil dan dituangkan dalam karikatur. Disana saya bisa mengeluarkan semua aspirasi, santai namun serius.
Inilah hasil karikatur perdana saya yang masih jauh dari sempurna. Untunglah arsipnya masih tersimpan rapi dalam tas yang selalu terendam banjir...
Mudah-mudahan ini bisa menghibur dan bagi rekan-rekan seangkatan bisa bernostalgia nih...

1 komentar:

  1. mantap wal...kita dulu sama2 punya bakat, ingatlah kaos gapaga dulu kita bertiga bersaing (lawan Yudi or Iwan kalo kada salah) merancang ternyata desainku yg kepakai, tp itu dulu begitu kuliah hobbi itu kada kuteruskan lagi hikz, salut wan ikam yg masih setia dg karikatur..semoga makin berkembang

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Pesan Anda