Runing Text

--- > Tahun Baru Hijriah 1437 H Gerbang Menuju Perubahan Menjadi Insan Yang Lebih Amanah dan Beriman...Buat Perubahan Agar Indonesia Bisa Lebih Baik <---

11 Maret 2011

Review Samsung Galaxy Tab

Dunia dalam Genggaman
Kombinasi fasilitas dan portabilitas membuat perangkat ini terasa pas. Bersiaplah, dunia Anda akan berpusat di dalamnya.
iPad memang fenomenal. Hanya dalam waktu tiga bulan, 4,5 juta iPad telah terjual. Jika dirata-rata, berarti tiap harinya terjual 50 ribu iPad—sama dengan oplah majalah ini per bulan.

Dengan kesuksesan seperti itu, tidak heran jika banyak pabrikan yang mencoba mengekor kesuksesan iPad. Salah satunya adalah Samsung yang merilis produk sejenis bernama Galaxy Tab.   
Sebagai perkenalan, Galaxy Tab adalah perangkat seluler yang memiliki layar 7 inci. Kami sebut sebagai “perangkat seluler” karena Tab bisa digunakan bertelepon—tidak seperti iPad yang minus komunikasi suara.Selain untuk bertelepon, Tab juga bisa digunakan untuk mengirim email, SMS, MMS, dan video call Koneksinya sendiri menggunakan jaringan GSM dan sudah mendukung standar HSDPA.

Untuk koneksi nirkabel lain, tersedia WiFi b/g/n dan Bluetooth.
Untuk penyimpanan, Tab menyediakan kapasitas internal 16GB. Yang digunakan untuk sistem operasi hanya sekitar 1GB, sehingga masih banyak ruang yang tersisa. Namun jika terasa masih kurang, tersedia slot microSD yang mampu menerima sampai 32GB. Ada pula GPS yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi di dalam Tab, seperti Places yang akan menunjukkan rumah makan dan tempat menarik di sekitar kita.

Desain Pas
Dengan layar 7 inci, secara ukuran Galaxy Tab memang kalah besar dibanding iPad (9,7 inci). Namun hal tersebut tidak sepenuhnya berpengaruh negatif.
Salah satu efek positif adalah Tab terasa mudah digenggam dengan satu tangan, apalagi dengan bobot yang cuma 380 gram. Sebagai perbandingan, iPad memiliki bobot 680 gram.

Bicara desain, menurut kami Samsung berhasil membuat Tab bergaya modern. Penggunaan bahan glossy yang mengilat membuatnya terkesan mewah, dan untungnya tidak membuat sidik jari mudah tertinggal. Empat di bawah layar (untuk fungsi Call, Menu, End, dan Home) juga terasa modern karena berteknologi haptic alias tombol sentuh yang memberikan efek getaran ketika disentuh.

Di sekeliling tubuh, Tab tidak menyediakan banyak tombol. Yang ada hanya tombol Power dan Volume. Tidak ada tombol untuk mengunci fungsi accelerometer seperti yang disediakan iPad.
Sekadar mengingatkan, accelerometer berfungsi mendeteksi posisi perangkat dan mensinkronkan orientasi layar sesuai posisi perangkat tersebut. Jadi jika posisi perangkat portrait, layar pun akan berubah orientasi menjadi portrait—begitu pula sebaliknya.
Sebagai gantinya, tersedia menu pengunci layar di jendela Notification. Ditaruhnya menu tersebut di jendela Notification terasa memudahkan karena berarti cukup dua langkah untuk mengunci layar. Ini berbeda dengan setting standar Android yang biasanya menempatkan menu tersebut di jendela Setting>Display.

Fungsi accelerometer ini sendiri cukup responsif karena perubahan orientasi sedikit saja akan membuat layar segera mengikuti. Sensor lain yang ada di Tab ada proximity yang mendeteksi brightness layar sesuai kondisi sekitar.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab
Jaringan
HSPA 2100 MHz; UL/DL 7,2/,5,76 Mbps; video call; EDGE/GPRS; GSM Quadband
Layar
7 inci, 1024x600 piksel, layar sentuh kapasitif
Sistem operasi
Android 2.2
Memori internal
16 GB
Memori tambahan
microSD (maks. 32GB)
Kamera
3 MP & 1,3 MP; autofocus dan Flash
Konektivitas
WiFi b/g/n; bluetooth 3.0/2.0; USB; audio jack 3,5 mm
Navigasi
GPS built-in; Google maps
Baterai
Li-Ion 4000 mAh (7 jam untuk memutar film)
Dimensi
19x12x1,2 cm
Bobot
380 gram
Aplikasi Penting
Reader Hub, ThinkFree; Samsung Apps; Swype.
Situs Web
Harga kisaran*
Rp.6,99 juta
 *Samsung Indonesia, (021) 893-4005

Plus     : Mudah digenggam; dapat memainkan berbagai file audio/video; layar bagus; memiliki toko buku digital dengan muatan lokal.
Minus : Browser cenderung ke versi mobile; GPS lambat.

Skor Penilaian 
- Kinerja         : 4
- Fasilitas        : 4,25
- Penggunaan  : 4,25
- Harga           : 3
- Skor Total    : 4,12